Tuesday, October 15, 2013

Filled Under:

Penggunaan Aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Excel



A. Microsoft Word
Microsoft Word adalah program pengolah kata yang tergabung dalam satu paket Microsoft Office. Pada aplikasi ini digunakan sebagai pembuatan naskah, surat, undangan, dll.

Fungsi dan kegunaan Microsoft Word
Adapun fungsi dan kegunaan Microsoft Word itu sendiri bervariasi /bermacam-macam tergantung dari si user /pemakainya. Fungsi utama dari Microsoft Word adalah membantu kita dalam mengolah kata jadi seperti pengertian di atas Ms word memang di khususkan untuk pengolahan kata. Ms. Word berperan sebagai alat bantu user /pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan terkait kata/teks/dokument/surat-menyurat dan lainya. 

Tampilan utama Microsoft Word

B. Microsoft Excel
Excel merupakan program aplikasi spreadsheet yang tergabung dalam satu paket Microsft Office, yaitu program yang dipergunakan untuk melakukan perhitungan seperti dalam pembuatan laporan statistik suatu wilayah, keuangan, neraca perusahaaan, maupun presentasi laporan kemajuan suatu perusahaan atau wilayah berdasarkan statistik yang diwujudkan dalam gambar atau diagram.

Fungsi dan Kegunaan Microsoft Excel
Microsoft Excel merupakan aplikasi untuk mengolah data secara otomatis yang dapat berupa perhitungan dasar, rumus, pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan menajemen data.Pemakaian rumus sendiri dapat berupa penambahan, pengurangan, perkalian dan lain sebagainya. Sedangkan pemakaian fungsi-fungsi dapat berupa pemakaian rumus yang bertujuan untuk menghitung dalam bentuk rumus matematika maupun non matematika.

Tampilan Utama Microsoft Excel


Contoh Penggunaan Aplikasi Microsoft Word dan Microsoft Excel

1. Microsoft Word 
Cara membuat nomor halaman yang berbeda- beda  :
Nomor halaman pada bagian pendahuluan
Pada penjelasan ini, akan membuat nomor halaman pada bagian pendahuluan seperti pengantar, dan daftar isi.  Langkah – langkahnya yaitu    :
·         Pilih menu Insert – pilih dan klik page number pada bagian header and footer – pilih bottom of page – dan pilih bagian page number 3. 


·         Pada bagian ini, akan muncul menu Header and footer tools. Pilih bagian Navigation pada menu header and footers tools – pilih next section ( sesuai panah ), dan pilih link to previous.  Pada bagian header dan footer, pilih page number dan format page ( untuk mengubah nomor halaman ). 


·         Pada bagian kotak page number format, number format dan start at diubah menjadi ( I, II, III, .. ) serta start at menjadi ( I ).  Dan klik Ok.


                                                             Sehingga hasilnya menjadi ini.

                                       


2. Microsoft Excel 
Membuat perhitungan aplikasi rumus Excel
Langkah – langkahnya                         :
Siapkan data yang akan dihitung dengan menggunakan rumus aplikasi Excel. 


Data yang terdapat di Microsoft Excel 
·         Rumus – rumus aplikasi Excel untuk berdasarkan data di atas :
a.       Jumlah   ( =SUM(B2:B21) ),
b.      Nilai tertinggi ( =MAX(B2:B21) ),
c.       Nilai terendah ( =MIN(B2:B21) ),
d.      Rata – rata ( =AVERAGE(B2:B21) ),
e.       Nilai Akhir ( =((B2*30)/100)+((C2*35)/100)+((D2*35)/100)))
f.       Keterangan ( = IF(E2>=70,"LULUS","TIDAK LULUS")

Pengisian rumus aplikasi pada data Excel disesuaikan dengan data – data yang sudah disiapkan.


Untuk penggunaan aplikasi Ms. Word dan Ms. Excel dapat dibaca selengkapnya dengan didownload di bawah ini.  


Download Button
Microsoft Word 
Download Button
Microsoft Excel 











0 comments: