Tuesday, May 7, 2013

Filled Under:

Di Balik Khasiat Lidah Buaya Bagi Kesehatan

Lidah buaya / aloe vera

 Lidah buaya ( Aloe vera; Latin: Aloe barbadensis Milleer) adalah sejenis tumbuhan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tanaman ini dapat kita tanami di sekitar taman perkarangan rumah maupun di pot bunga yang berfungsi sebagai tanaman hias dan hidup pada kondisi cuaca yang panas. Tanaman ini memiliki ciri - ciri seperti batang tanaman yang pendek, pada ujung daunnya agak runcing dan bagian tubuh daun yang tebal serta bagian tepi permukaan daun yang bergerigi atau berduri kecil. Tanaman ini banyak ditemukan di kawasan kering bagian utara Afrika.  Tanaman ini memiliki persamaan dengan tanaman kaktus, karena dapat hidup di daerah yang kering, hal ini yang  disebabkan karena adanya cadangan air  yang tersimpan pada bagian dalam tanaman, sehingga tanaman tidak akan mati dalam kondisi iklim yang panas, kering karena mempunyai cadangan air. 

Jelly lidah buaya yang bermanfaat untuk penyakit antiradang


Selain tanaman hias, tanaman ini mempunyai manfaat dan khasiat buat kesehatan. Pada mulanya, tanaman ini dapat digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan perawatan kulit. Sepadan dengan meningkatnya ilmu pengetahuan dan teknologi, tanaman ini dapat dugunakan sebagai bahan baku indusri farmasi dan bahan kosmetik kecantikan. Selain itu, dapat dijadikan sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan. Berbagai kandungan zat yang terkandung dalam tanaman lidah buaya berguna buat kesehatan kita seperti  vitamin C, kalium, vitamin B6, asam folat, vitamin K,  serta kaya akan vitamin dan mineral yang tinggi, seperti magnesium, zinc.

Menurut Dr. Diani Adriana SpGK, dokter spesialis gizi klinik dari RS Pusat Pertamina, penyakit seperti  efek antiradang, seperti tenggorokan  dapat diantisipasi dengan tanaman lidah buaya. Hal ini disebabkan karena mempunyai efek kandungan tinggi yang dimiliki oleh tanaman lidah buaya. Efek tersebut adalah adanya efek rasa dingin pada jelly lidah buaya yang timbulkan untuk membantu proses penyembuhan anti radang dan mempunyai kandungan aloesin yang bersifat antiradang dan didukung dengan adanya kandungan vitamin dan mineral yang tinggi untuk mengurangi efek radikal bebas dari antiradang tersebut. 

Selain penyakit antiradang, penyakit seperti kencing manis ( diabetes mellitus ), ambeien bahkan sembelit  dapat diantisipasi dengan tanaman lidah buaya ini.Nah, bagi anda yang ingin menjaga tips kecantikan kulit anda serta sehat dari kandungan kimia yang berbahaya, sudah saatnya  menggunakan khasiat dari tanaman lidah buaya seperti menghilangkan jerawat, serta melembabkan kulit, serta menjaga kulit agar tetap bershi dan sehat.

Meskipun tanaman ini terlihat biasa - biasa saja dan tidak indah dengan berbagai tanaman lainnya, tetapi khasiat serta manfaat sangat berarti bagi kesehatan kita. Jadi jika kita mau hidup sehat, ayo tanam lidah buaya di taman rumah anda !.






0 comments: