Thursday, April 25, 2013

Filled Under:

Peranan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup

Lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan semua benda, daya keadaan, dan makhluk hidup. termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhi kelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta makhluk hidup lain.

Untuk menciptakan suatu lingkungan yang bersih dan sehat, diperlukannya kesadaran bagi manusia untuk menjaga, merawat dan melesatarikan lingungannya. Sehingga lingkungan akan menjadi nyaman dan sehat. Peranan dan pengelolaan ilmu pengetahuan dan teknologi juga merupakan faktor pendukung untuk menciptakan suatu lingkungan yang bersih dan sehat, mengatasi permasalahan lingkungan kerusakan lingkugan,

 

Pengelolaan lingkungan hidup adalah upaya terpadu untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup yang meliputi kegiatan penaataan, pemanfaatan, pengembangan, pemeliharaan, pemuliihan, dan pengendalian lingkungan hidup. Dalam pengelolaan lingkungan hidup ini mempunyai prinsip utama dalam menciptakan lingkungan hidup yang bersih dan sehat dengan memperbaiki, memelihara mutu lingkungan agar kebutuhan dasar kita dapat terpenuhi sebaik - baiknya. .

Selain menciptakan kondisi lingkungan yang bersih dan sehat, pengelolaan lingkungan hidup dengan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi mempunyai manfaat dan keuntungan bagi manusia. Mulai dari keuntungan sosial, budaya, dan ekonomi. Pemanfaatan lingkungan hidup dengan berbasis teknologi seperti penggunaan air yang tercemar dapat digunakan oleh manusia dengan menggunakan teknologi ( daur ulang ) berupa salinisasi, mendaur ulang sampah yang tak terpakai menjadi pupuk kompos, bahkan menjadi komoditas ekonomi. Dari segi sosial yaitu menciptakan sumber daya manusia ( SDM ) yang berkualitas, dan dari segi budaya yaitu menciptakan pola hidup yang bersih dan sehat. 

Namun penggunaan teknologi dalam menciptakan lingkungan hidup yang bersih dan sehat mempunyai dampak negatif, seperti menghasilkan sulfur dioksida, karbon dioksida, CFC, dan gas - gas buangan lain yang mengancam kelangsungan hidup manusia akibat memanasnya  bumi akibat efek rumah kaca. Dalam hal ini, penggunaan teknologi harus sepadan dengan kondisi lingkungan hidup yang ada bumi mengingat kondisi lapisan ozon yang kian menipis dan dapat menyebabkan kondisi Global Warning di bumi.






0 comments: